Selasa, 26 Januari 2016

Apa itu Hutan?



Apa yang terpikir oleh kita ketika kita mendengar tentang hutan? Hmm, mungkin kita akan berpikir kalau hutan hanyalah sebuah tempat yang ditumbuhi berbagai pohon yang sangat lebat. Ya memang tidak salah ketika kita memiliki pemikiran seperti itu. Namun, pemikiran itu masihlah belum cukup. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian tentang hutan di bawah ini.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 tahun 1999 mengenai definisi hutan. Menjelaskan bahwa hutan ialah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. Nah berdasarkan pengertian hutan tersebut, maka dapat disebut pula hutan sebagai salah satu bentuk kehidupan di dunia yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang terdiri atas pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur, dan lain sebagainya serta menempati daerah yang cukup luas dan saling tergantung satu sama lain.
Bagaimana? Sekarang sudah pada tahu kan apa itu hutan? Maka dari itu mari kita jaga hutan kita supaya ekosistem hutan tetap stabil, selaras dan terjaga dengan baik. Jika kita menjaga hutan, kelak akan memetik keuntungan dan begitu juga generasi mendatang. Tetapi sebaliknya jika kita tidak menjaganya atau malah merusaknya maka tidak akan lama lagi dampak negatifnya akan kembali kepada kita. Pasti kita semua menginginkan manfaat dari hutan dan tidak menghendaki akibat buruk rusaknya hutan kan? Maka dari itu jalan satu-satunya yaitu kita harus ikut serta menjaga kelestariannya.
Untuk memperjelas pemahaman kalian tentang hutan, perhatikan gambar berikut:

Nah, sekarang sudah tahu kan gambaran tentang hutan.
sampai jumpa di artikel yang selanjutnya ya..



12 komentar:

  1. wah,betul banget tuh. kalo kita memang ingin terus bisa merasakan manfaat dari hutan maka kita harus menjaga kelestarian hutan. dan semua itu berawal dari diri kita sendiri lho. setelah itu barulah kita mengajak orang lain untuk melestarikan hutan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kak.ayo kita bersama sama menjaga kelestarian hutan kita

      Hapus
    2. oke saya juga siap dek . mari kita bekerjasama untuk menjaga kelestarian hutan demi kesejahteraan masa depan kehidupan manusia.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjaga kelestarian hutan bersama-sama jauh akan lebih baik. menjaga hutan saat ini berarti menyiapkan warisan berharga untuk generasi masa depan.

      Hapus
    2. iya bu, generasi mendatang perlu menikmati keanekaragaman hutan yang ada di indonesia

      Hapus
  3. iya saya sependapat dengan Ibu umi. karena apa yang kita lakukan saat ini akan berpengaruh terhadap masa depan generasi kita di masa depan, termasuk menjaga kelestarian hutan sebagai warisan generasi mendatang.

    BalasHapus
  4. siap, mulai sekarang kita harus bisa membudidayakan tanaman dengan baik jika kita merusaknya maka kita harus bisa mengembalikan seperti semula.

    BalasHapus
  5. jika kita bisa menjaga hutan dengan baik pasti kita bisa hidup nyaman.. oke gak,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul itu, jadi kita harus menjaga hutan agar keseimbangan alam terjaga

      Hapus