Sabtu, 30 Januari 2016

Cara Menjaga Kelestarian Hutan




Nah, sekarang kita akan belajar tentang cara menjaga kelestarian hutan. Saat ini jumlah hutan di dunia semakin berkurang. Manusia terus mengeksploitasi sumber daya alam yang ada. Bila hal ini dibiarkan terus maka hutan di dunia akan semakin berkurang. Apa yang akan terjadi bila hutan tidak ada? Bumi akan semakin panas dan ekosistemnya tidak akan seimbang lagi. Manusia juga tidak akan terpenuhi kebutuhan akan Sumber Daya Alamnya. Maka dari itu menjaga hutan agar tetap lestari harus dilakukan. Selanjutnya kita akan mengetahui cara-cara menjaga kelestarian hutan antara lain:
       1.      Mencegah Perladangan yang Berpindah-pindah
Terkadang para petani tidak mau pusing mengenai kesuburan tanah. Mereka akan mencari lahan pertanian baru ketika tanahnya sudah tidak subur lagi tanpa adanya tanggung jawabdan membiarkan ladang yang tandus sudah terbengkalai. Sebaiknya lahan pertanian dibuat menetap dengan menggunakan pupuk dan cara-caraalami lain untuk menyuburkan tanah yang sudah tidak produktif lagi.  
      2.      Selalu waspada dan Berhati-hati Terhadap Api
Hindari membuang puntung rokok, membuat api unggun,membakar sampah,  membuang obor,membakar semak,  dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan kebakaran hutan. Jika menyalakan api di dekat atau di dalam hutan harus diawasi dan dipantau agar tidak terjadi hal-hal yang buruk. Kebakaran hutan dapat mengganggu kesehatan manusia dan hewan di sekitar lokasi kebakaran dan juga tempat yang jauh sekalipun jika asap terbawa angin kencang.
      3.      Reboisasi Lahan Gundul dengan Metode Tebang Pilihdan Tebang Tanam
Penghijauan atau reboisasi merupakan upaya penanaman kembali hutan yang sudah gundul. Reboisasi sangat penting untuk mencegah kerusakan hutan dan bencana banjir serta tanah longsor. Kombinasi kedua teknik adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh para pemilik sertifikan HPH atau Hak Pengelolaan Hutan. Para perusahaan penebang pohon harus memilih-milih pohon mana yang sudah cukup umur dan ukuran untuk ditebang. Setelah menebang satu pohon sebaiknya diikuti dengan penanaman kembali beberapa bibit pohon untuk menggantikan pohon yang ditebang tersebut. Lahan yang telah gundul dan rusak karena berbagai hal juga diusahakan dilaksanakan reboisasi untuk mengembalikan pepohonan dan tanaman yang telah hilang. Dengan demikian kelestarian hutan akan tetap terjaga.
     4.      Mencegah penebangan liar
Penebangan liar sering dikenal dengan istilah illegal logging. Saat ini kasus penebangan liar semakin parah. Hutan-hutan di negara kita semakin menyempit. Untuk itu pengawasan harus dilakukan secara ketat. Pelaku penebangan liar juga harus dihukum karena telah merugikan negara.
     5.      Menempatkan Penjaga Hutan / Polisi Kehutanan / Jagawana
Dengan menempatkan satuan pengaman hutan yang jujur dan menggunakan teknologi dan persenjataan lengkap diharapkan mempu menekan maraknya aksi pengrusakan hutan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Bagi para pelaku kejahatan hutan diberikan sanksi yang tegas dan dihukum seberat-beratnya. Hutan adalah aset / harta suatu bangsa yang sangat berharga yang harus dipertahankan keberadaannya demi anak cucu di masa yang akan datang.

Nah, sekarang setelah kita tahu cara-cara melestarikan hutan, maka langkah kita sebagai pelajar selanjutnya yaitu mendukung dan menyosialisasikan akan pentingnya kelestarian hutan

4 komentar:

  1. klu mau ikut menjaga kelestarian hutan kita tidak harus menjadi orang hutan ee.. salah maksudnya polisi hutan. sebagai pelajar bisa dengan ikut serta pelaksanaan reboisasi yang rutin diadakan setiap tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener itu bu.. kita harus semangat untuk ikut serta pelaksanaan reboisasi. sebenarnya reboisasi itu bisa kita mulai dari hal yang sederhana misalnya merawat green house seperti yang telah diterapkan di sekolah kita.

      Hapus
  2. jika kita ingin tetap menikmati hasil hutan sampai kapan pun maka kita harus berusaha melestarikan dan menjaga hutan sampai kapanpun juga. saya juga setuju dengan cara menjaga hutan sebagaimana yang telah di jelaskan dalam artikel tersebut. saya yakin jika kita semua dapat menjaga kelestarian hutan maka kehidupan kita pasti akan aman, nyaman, serta hasil hutannya tak hanya dapat dinikmati oleh kita namun juga dapat dinikmati oleh generasi anak cucu kita. salam lestari

    BalasHapus
  3. sebenarnya menjaga hutan itu sangat mudah. mungkin kita nya saja yang kurangperhatian terhadan tumbuhan di bumi ini. :D

    BalasHapus