Rabu, 27 Januari 2016

Mengenal Jenis-jenis Hutan




 


Dari artikel sebelumnya, sekarang udah pada tahukan apa itu hutan. Ternyata hutan itu masih terbagi menjadi banyak sekali macamnya. Pasti kalian pada penasaran kan? Mau tau? Berikut penjelasan berbagai macam jenis hutan.

1.        Berdasarkan jenis pohon

-          Hutan Heterogen
Hutan heterogen adalah hutan yang terdiri atas berbagai jenis tumbuhan seperti hutan hujan tropis yang terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

-          Hutan Homogen
Hutan homogen adalah hutan yang terdiri atas satu jenis pohon seperti hutan jati, hutan bambu, hutan karet, dan hutan pinus.


2.        Berdasarkan tujuan pemanfaatan
   Hutan Produksi
Hutan produksi adalah hutan yang diusahakan melalui sistem Hak Pengusahaan Hutan (HPH) baik BUMN maupun pengusaha swasta, yang memanfaatkan hasil hutan seperti kayu untuk kegiatan produksi. Adapun hasil dari kegiatan industri pengolahan kayu antara lain berupa triplek, kusen pintu, mebel, serta perabot rumah tangga lainnya.
-          Hutan Lindung
Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga  kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan tanah.
-          Hutan Wisata
Hutan wisata adalah hutan yang berfungsi untuk objek wisata sebagai tempat rekreasi atau hiburan para wisatawan karena keindahan alamnya. Seperti Kebun Raya Bogor.

-           Hutan Suaka Alam
Hutan suaka alam adalah hutan yang memiliki keadaan alam khas, diperuntukkan bagi perlindungan dan pelestarian flora dan fauna yang hampir punah, agar dapat berkembang biak sesuai dengan kondisi ekosistemnya. Seperti hutan suaka alam Ujung Kulon merupakan tempat perlindungan badak bercula satu dan beberapa fauna lainnya.


3.        Berdasarkan iklim yang mempengaruhi


-           Hutan Hujan Tropis 
Hutan hujan tropis tumbuh disekitar garis khatulistiwa atau equator yang memiliki suhu udara dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Sebagian besar hutan ini tumbuh di lembah sungai Amazon, lembah sungai Kongo, dan di wilayah Asia Tenggara. Hutan hujan tropis dikenal jugasebagai hutan heterogen karena terdiri dari berbagai jenis tumbuhan. Di Indonesia hutan hujan tropis terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Irian Jaya (Papua). 

-          Hutan Musim
Hutan musim terdapat pada daerah di wilayah yang mengalami perubahan musim hujan dan musim kemarau secara jelas. Tumbuhan pada hutan musim umumnya bersifat homogen (satu jenis tumbuhan), seperti hutan jati, hutan karet, dan hutan bambu. Di Indonesia hutan musim terdapat di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.


-          Sabana dan Stepa
Sabana merupakan padang rumput yang diselingi oleh pepohonan atau semak belukar, sedangkan stepa merupakan padang rumput yang sangat luas yang tidak diselingi pepohonan. Sabana dan Stepa banyak dijumpai di daerah bercurah hujan rendah atau relatif sedikit. Di Indonesia, sabana dan stepa terdapat di Nusa Tenggara Barat dan Timur.


4.        Berdasarkan letak geografis


-          Hutan Tropika
       Secara astronomi hutan tropika terbentang pada wilayah 23,5o LU – 23,5o LS. Kawasan ini curah hujannya cukup tinggi dan matahari bersinar sepanjang tahun. Curah hujan yang tinggi menyebabkan hutan tropika sangat lebat yang terdiri dari berbagai jenis pohon serta daun yang menghijau sepanjang tahun. Hutan ini berfungsi sebagai paru-paru dunia karena kemampuannya dalam menyerap karbondioksida serta menjaga keseimbangan suhu dan iklim dunia.

-          Hutan Temperatur
       Hutan temperatur atau hutan gugur terdapat di daerah beriklim sedang yang memiliki empat musim, secara astronomis di antara 23,5o – 66,5olintang utara maupun lintang selatan. Hutan ini berisi tumbuhan yang daunnya gugur (meranggas) pada musim dingin. Keadaan ini akan berlangsung hingga menjelang musim semi. Pada musim semi, temperatur akan meningkat, salju mulai mencair, tumbuhan mulai berdaun kembali (bersemi). Daerah persebaran hutan gugur meliputi wilayah sub-tropis sampai sedang seperti Amerika Serikat, Eropa Barat, Asia Tengah, dan Timur serta Chili.

-          Hutan Boreal
       Hutan boreal atau hutan taiga berkembang di daerah lintang tinggi dekat dengan kawasan lingkar kutub dan merupakan jenis hutan terluas kedua setelah hutan tropika. Hutan ini ditumbuhi oleh jenis pohon berdaun jarum. Kawasan ini memiliki musim panas yang pendek dan musim dingin yang panjang. Daerah yang termasuk kawasan ini meliputi Alaska - Amerika Utara, Skandinavia - Eropa Utara, dan Siberia-Rusia. Vegetasi yang berkembang di daerah ini hanya satu spesies saja yaitu pohon spruce,alder, birch, dan juniper. Permukaan tanah hutan ini umumnya tertutup lumut kerak yang tebal.

      Nah, sekarang kita sudah semakin tahu kan kalau hutan itu sangat beragam jenisnya. Semoga dengan bertambahnya pengetahuan kita tentang hutan maka akan dapat menambah kepedulian kita terhadap kelestarian hutan.

4 komentar:

  1. saya baru tau ternyata banyak sekali ya jenis jenis hutan. artikel ini benar benar menambah wawasan saya tentang hutan. terima kasih ya, artikelnya sangat bermanfaat. izin share artikel ya.

    BalasHapus
  2. wah..ternyata jenis hutan banyak sekali.
    klo boleh tahu hutan yang ada di wilayah kita, kecamatan Mojo termasuk yang mana Sinta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong bu.. menurutku termasuk hutan wisata ..

      Hapus